Header Ads Widget

jambimantap

Pastikan Data Mahasiswa Terintegrasi Secara Nasional, IAIN Kerinci Gelar Bimtek SIAKAD Bagi Mahasiswa Baru Tahun 2024

 


Sungai Penuh – Kolaborasi antara Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) bersama Akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2024 demi memastikan data mahasiswa terisi dengan dan dapat terintegrasi di PDDIKTI. 


Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu (6-7/08), di Aula Gedung Perpustakaan Digital IAIN Kerinci, dan dibagi ke dalam empat sesi untuk mengakomodasi ratusan mahasiswa. Acara yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa baru mengenai cara penggunaan SIAKAD dan memastikan datanya terisi secara benar dan dapat terintegrasi ke nasional. SIAKAD memudahkan mahasiswa dalam melakukan berbagai keperluan akademik, seperti registrasi mata kuliah, pengecekan nilai, hingga pengajuan administrasi akademik secara online.


Ade Putra Hayat, Kepala Unit (Kanit) Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Kerinci, menyampaikan bahwa SIAKAD dirancang untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam mengakses layanan akademik secara digital dari itu kita harus memastikan mahasiswa mengisi data dirinya dengan benar karena akan dilaporkan ke PDDIKTI dan terintegrasi secara nasional. 


"Kami berharap mahasiswa baru dapat memahami sistem ini dengan baik sehingga mereka dapat menjalankan proses akademik mereka secara lebih efektif dan efisien. Dengan penggunaan SIAKAD dan pengisian data pribadi secara benar, semua proses akademik akan lebih terstruktur dan transparan," ungkap Ade.


Prisman, Kabag Akademik IAIN Kerinci, juga menambahkan bahwa Bimtek ini merupakan bagian penting dari pembekalan awal mahasiswa baru. 


"Bimbingan teknis ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya memahami bagaimana mengakses layanan akademik, tetapi juga bagaimana mereka dapat bertanggung jawab dalam mengelola studi mereka. Kami ingin memastikan mahasiswa bisa menggunakan platform ini dengan optimal," kata Prisman.


Dengan diadakannya Bimtek ini, diharapkan mahasiswa baru dapat lebih siap dalam mengelola proses akademik mereka secara mandiri dan memanfaatkan teknologi informasi yang disediakan kampus untuk mendukung prestasi akademik mereka selama masa studi di IAIN Kerinci.

Post a Comment

0 Comments