Header Ads Widget

jambimantap

Gelar Bimtek Penyusunan Bahan Ajar BIPA, Ketua APP BIPA Jambi Sebut Materi Ajar BIPA Berbasis Budaya Lokal

 



Jambi – Kantor Bahasa Provinsi Jambi gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Hotel Aston, Jambi, pada 11-13 Juni 2024. Untuk menghasilkan bahan ajar yang berkualitas, mengundang pakar BIPA sebagai narasumber, yaitu Syukron Ramadloni dari Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa dan Erni C. Westi dari Lembaga Bahasa Internasional FIB Universitas Indonesia.


Acara ini dibuka oleh Ketua Tim Administrasi, Ilsa Dewita Putri Soraya, yang mewakili Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Dalam sambutannya, Ilsa menekankan bahwa bimtek ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan bagi pembelajar, pemelajar, dan pegiat BIPA.


Ketua APP BIPA Jambi, Dr. Rodi Hartono, S.Pd., M.Pd., menyatakan bahwa bimtek tahun ini fokus pada pengembangan materi ajar BIPA berbasis budaya lokal. Menurutnya, pemahaman aspek budaya sangat penting dalam pembelajaran BIPA karena pada dasarnya pembelajaran BIPA adalah pembelajaran dan promosi budaya Indonesia kepada penutur asing. Ia juga berharap adanya sinergi dan kolaborasi antara Kantor Bahasa Provinsi Jambi, pemerintah daerah, dan APP BIPA Jambi dalam mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia di kancah internasional. "Salam... BIPA Selalu di Hati," pungkasnya.


Dr. Adi Budiwiyanto dalam sambutannya menegaskan komitmen Kantor Bahasa Provinsi Jambi untuk terus mendukung program-program berkelanjutan terkait BIPA bagi para peserta bimtek. Ia juga mengusulkan kerja sama antara lembaga BIPA dan Kelompok Kerja Lembaga Pengembangan Kebahasaan dan Peristilahan (KKLP Perkamusan dan Peristilahan) untuk mengumpulkan kosakata lokal Jambi yang akan dimasukkan ke dalam bahan ajar BIPA. Selain itu, Adi berharap agar para peserta dapat berperan aktif dalam membangun ekosistem BIPA di Jambi dengan melibatkan lembaga BIPA dan pemerintah daerah.


Pada acara penutupan yang dipimpin oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum., turut hadir Ketua Tim Administrasi, Ilsa Dewita Putri Soraya, dan Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APP BIPA) Provinsi Jambi, Dr. Rodi Hartono, S.Pd., M.Pd.

Post a Comment

0 Comments